KEEFEKTIFAN MODEL THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTORO PATI


Novitasari , 1401413177 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL THINK-PAIR-SHARE DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTORO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413177.pdf]
Preview
PDF
Download (718kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Pati belum maksimal. Penyebabnya adalah suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan, siswa kurang aktif dalam menjawab soal, guru juga belum menemukan model pembelajaran yang cocok untuk materi IPS yang luas dan bersifat hafalan. Model pembelajaran Think-Pair-Share dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga siswa dapat mengemukakan pendapat, lebih aktif dalam berpikir, dapat belajar dari siswa lain, percaya diri dalam menyampaikan idenya dan mengolah informasi yang didapat sehingga hasil belajar IPS dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan media powerpoint lebih efektif daripada model pembelajaran di kelas kontrol terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan media powerpoint dibandingkan dengan model pembelajaran di kelas kontrol terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk the Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Pati. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih SD Negeri Sejomulyo 01 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Karangrejo 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 75,17, sedangkan kelas kontrol 64,31. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar IPS kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar IPS kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantoro Pati. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan; Think-Pair-Share; Media Powerpoint; Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 16:13
Last Modified: 06 Jun 2018 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31295

Actions (login required)

View Item View Item