KEEFEKTIFAN METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III GUGUS SRIKANDI SEMARANG


Ilham Juliawati , 1401413171 (2017) KEEFEKTIFAN METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III GUGUS SRIKANDI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413171.pdf]
Preview
PDF
Download (636kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas III gugus Srikandi Semarang melalui data hasil belajar bahasa Indonesia masih menununjukkan hasil yang rendah. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan anak dalam membaca. Oleh karena itu perlu adanya metode inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) efektif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SDN gugus Srikandi Semarang? Tujuan penelitian adalah menguji keefektifan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III gugus Srikandi Semarang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri Gugus Srikandi. Dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas III SD Negeri Kalibanteng Kulon 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas III-B SD Negeri Gisikdrono 03 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen pengumpul data yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R) lebih efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca pemahaman kelas III gugus Srikandi Semarang. Hasil uji perbedaan rata-rata yaitu harga thitung yaitu 4,178 lebih besar dibandingkan harga ttabel yaitu 1,998 dengan ratarata posttest kelas eksperimen 82,53 sedangkan kelas kontrol 72,24. Simpulan penelitian ini adalah metode Survey Question read Recite Review (SQ3R) lebih efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca pemahaman. Saran hendaknya siswa lebih fokus dan percaya diri dalam proses pembelajaran. Guru hendaknya memperbanyak informasi mengenai metode-metode pembelajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, keterampilan membaca pemahaman, metode SQ3R.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 15:56
Last Modified: 06 Jun 2018 15:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31293

Actions (login required)

View Item View Item