PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CARA TUMBUHAN MENYESUAIKAN DIRI TERHADAP LINGKUNGANNYA KELAS V SD NEGERI GUNDI GROBOGAN


Ika Dyah Kurniawati , 1401413170 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI CARA TUMBUHAN MENYESUAIKAN DIRI TERHADAP LINGKUNGANNYA KELAS V SD NEGERI GUNDI GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413170.pdf]
Preview
PDF
Download (840kB) | Preview

Abstract

IPA merupakan mata pelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajah dan memahami alam sekitar. Berdasarkan hasil identifikasi masalah ditemukan bahwa guru belum menggunakan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran IPA. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif pada pembelajaran dan hasil belajar menjadi rendah. Sehingga perlu dikembangkan media flashcard pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengembangan media flashcard pada pembelajaran IPA materi cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya kelas V SD Negeri Gundi Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media flashcard pada pembelajaran IPA materi cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya kelas V SD Negeri Gundi Grobogan Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri Gundi Grobogan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis kelayakan media yang diketahui berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan analisis keefektifan media diketahui melalui uji t-tes dan uji peningkatan rata-rata Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 87,5 termasuk kriteria sangat layak dan penilaian ahli media sebesar 77,5 termasuk kriteria layak. Media flashcard juga efektif digunakan pada pembelajaran IPA berdasarkan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t diperoleh hasil t hitung sebesar 14,99 dan t tabel sebesar 1,668 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian ini adalah media flashcard layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi cara tumbuhan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya kelas V SD Negeri Gundi Grobogan. Saran penelitian pengembangan media flashcard dapat digunakan untuk mendorong pengembangan media pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Flashcard, IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 15:11
Last Modified: 06 Jun 2018 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31292

Actions (login required)

View Item View Item