HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG


Yusuf Fajar Wicaksono , 1401413164 (2017) HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413164.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemerolehan hasil belajar IPS pada ranah kognitif dan afektif akan menjadi satu hal yang penting bagi keberlangsungan pendidikan yang utuh. Namun pemerolehan hasil belajar IPS yang kurang maksimal diperoleh siswa kelas V Gugus Gajahmada. Keterkaitan penelitian ini dengan hasil belajar IPS yaitu untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual, motivasi belajar, terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmngkur Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 121 siswa kelas V Sekolah Dasar dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratisfied random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi pearson product moment. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual dalam kategori sangat baik, motivasi belajar juga dalam kategori sangat baik dan hasil belajar IPS ranah kognitif dan afektif masuk dalam kategori baik sekali. Hasil korelasi sederhana menunjukkan bahwa nilai r hitung kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,659 untuk ranah kognitif dan 0,888 untuk ranah afektif. Sedangkan r hitung variabel motivasi belajar sebesar 0,621 untuk ranah kognitif dan 0,701, untuk ranah afektif. Koefisien korelasi ganda yaitu 0,624 terhadap ranah kognitif, dan 0,888 terhadap ranah afektif. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif secara bersama-sama antara kecerdasan spiritual dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS ranah kognitif siswa. Perlu adanya dukungan semua pihak sekolah untuk mewujudkan pembiasaan sikap dalam belajar sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 15:07
Last Modified: 06 Jun 2018 15:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31291

Actions (login required)

View Item View Item