KEEFEKTIFAN STRATEGI PEER LESSONS TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SD N PENUSUPAN 1 KABUPATEN TEGAL


Levi Ayu Lestari , 1401413163 (2017) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEER LESSONS TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SD N PENUSUPAN 1 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413163.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang berisi materi-materi yang berkaitan dengan kehidupan manusia di masyarakat. Pembelajaran IPS bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik dalam menghadapi permasalahan dan sebagai upaya pengembangan diri untuk dapat hidup dengan baik di masyarakat. Dalam pembelajaran di sekolah, hendaknya seorang guru mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat supaya siswa tidak mudah merasa jenuh untuk belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang membuat siswa aktif yaitu melalui penggunaan strategi Peer Lessons. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan strategi Peer Lessons terhadap keterampilan bertanya dan hasil belajar materi Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri Penusupan 1 Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Penusupan 1 Kabupaten Tegal yang berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 52 siswa. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik menggunakan SPSS versi 21 yaitu pearson product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitisas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data keterampilan bertanya menunjukkan thitung > ttabel (3,011 > 2,009) dengan signifikansi 0,004 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,605 > 2,009) dengan signifikansi 0,012 < 0,05. Sementara itu, hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data keterampilan bertanya menunjukkan thitung > ttabel (3,947 > 2,056) dengan signifikansi 0,001 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,524 > 2,056) dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Untuk menguji hubungan antara keterampilan bertanya dan hasil belajar menggunakan korelasi product moment, thitung > ttabel (4,701 > 2,009) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi Peer Lessons dan yang menggunakan strategi konvensional. Strategi Peer Lessons efektif dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa serta terdapat hubungan antara keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan strategi Peer Lessons dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bertanya, hasil belajar, strategi Peer Lessons.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 15:04
Last Modified: 06 Jun 2018 15:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31290

Actions (login required)

View Item View Item