HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Mohammad Muniruddin , 6450405565 (2010) HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (496kB) | Preview

Abstract

Anak sekolah termasuk kelompok rentan gizi karena kelompok ini berhubungan dengan proses pertumbuhan yang relatif pesat, yang memerlukan zat-zat gizi dalam jumlah relatif besar. Perhatian yang khusus mengenai gizi bagi anak sekolah sangat perlu untuk diberikan, karena dapat berpengaruh pada pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya. Hal ini berkaitan dengan proses belajar di sekolah yang sedang dijalaninya. Diharapkan dengan status gizi yang baik bisa menunjang pencapaian hasil belajar yang optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubugan antara status gizi dengan hasil belajar pada siswa kelas V dan VI di Sekolah Dasar Negeri 2 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2009/2010?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubugan antara status gizi dengan hasil belajar pada siswa sekolah dasar tersebut. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI. Teknik pemilihan sampel dengan cara Purposive Sampling dan didapatkan jumlah sampel sebesar 52 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah: pengukuran (berat badan dan tinggi badan) dan dokumenter (pengumpulan rata-rata nilai raport). Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji Chi-Square dengan α= 0,05). Berdasarkan hasil uji fisher antara status gizi dengan hasil belajar siswa didapatkan nilai p=0,645. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai p lebih besar dari 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) ditolak, yang berarti tidak ada hubungan antara status gizi dengan hasil belajar. Simpulan dari penelitian ini yaitu, bahwa tidak ada hubungan antara status gizi dengan hasil belajar pada siswa kelas V dan VI di Sekolah Dasar Negeri 2 Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2009/2010. Saran yang dianjurkan adalah agar status gizi anak sekolah harus diperhatikan, walaupun tidak ada hubungannya langsung dengan hasil belajar siswa, status gizi dapat berpengaruh dalam proses belajar siswa disekolah. -----------------------------------------------------> School children concluding nutrition vulnerable groups because this group relate to the relatively rapid growth process, that requires nutrients in a relatively large amount. Special attention to school children about nutrition is very necessary to give, because it can affect the physical growth and brain development. This was related in learning processes in schools that were lived. Hopefully, with good nutritional status can support the achievement of optimal learning outcomes. The problem of this research is there any relationship between nutrition status and student learning outcomes of V grade and VI grade of Public Elementary School District 2 of Cepiring Kendal 2009/2010 Academic Year? The objective of the study was to find relationship between nutrition status and student learning outcomes at the elementary school. This study was survey analitycal with cross sectional approach. The populations of this study are all students of V grade and VI grade. Sample selection technique by purposive sampling and showed the number of samples is 52 students. Instruments in this study were: measurement (weight and height) and documentaries (the average value of the collection of report cards). The data were analyzed using univariate and bivariate (Chi-Square test was used with α = 0.05). Based on test results fisher between nutrition status and student learning outcomes p value = 0.645. Value show that the value of p greater than 0.05, so the alternative hypothesis (Ha) was rejected, which means there was no relationship between nutrition status and learning outcomes. Conclusions from this study are that there is no relationship between nutrition status and student learning outcomes of V grade and VI grade of the Public Elementary School District 2 of Cepiring Kendal 2009/2010 Academic Year. The recommended advice was the nutritional status of school children must be observed, although there was no direct relationship with student learning outcomes, nutritional status can affect students' learning process at school.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi dan Hasil Belajar Nutrition Status and Learning Outcomes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2011 03:11
Last Modified: 25 Apr 2015 05:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item View Item