PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MEMBUAT BATIK TEKNIK TULIS JUMPUT PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 16 SEMARANG


HERFI SUSANTI , 1401413161 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MEMBUAT BATIK TEKNIK TULIS JUMPUT PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413161.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) merupakan salah satu mata pelajaran yang mengajarkan kreativitas di Sekolah Dasar. Kenyataan di lapangan menunjukkan pembelajaran SBK belum berjalan maksimal, tak terkecuali di SD Muhammadiyah 16 Semarang. Permasalahan ditunjukkan dari hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah karakteristik media yang sebelumnya digunakan untuk membuat batik pada pembelajaran SBK kelas V di SD Muhammadiyah 16 Semarang, bagaimanakah pengembangan, kelayakan dan, keefektifan buku panduan membuat batik teknik Tulis Jumput pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan kelas V di SD Muhammadiyah 16 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan pengembangan hasil adaptasi Sugiyono meliputi langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk skala kecil, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 16 Semarang. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda dan unjuk kerja untuk hasil belajar kognitif dan psikomotor, sedangkan non tes untuk hasil wawancara, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) media yang sebelumnya digunakan untuk membuat batik pada pembelajaran SBK kelas V belum dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (2) pengembangan buku panduan, meliputi: bentuk fisik ukuran buku A4 dengan ketebalan 27 halaman; isi buku memuat materi secara ringkas disertai gambar berwarna, contoh dan langkah pembuatan batik teknik Tulis Jumput; (3) penilaian dari ahli media, materi, dan bahasa, masing-masing sebesar 94,6%, 95%, dan 89,2% termasuk dalam kategori sangat layak. (4) Hasil uji keefektifan dengan uji t diperoleh signifikansi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil uji peningkatan rata-rata pretest dan posttest yang dihitung menggunakan Ngain adalah 0,57 termasuk dalam kategori sedang dan unjuk karya peserta didik dengan rata-rata klasikal 82,9 dan telah memenuhi KKM. Simpulan dari penelitian adalah buku panduan membuat batik teknik Tulis Jumput layak digunakan pada pembelajaran SBK di kelas V SD Muhammadiyah 16 Semarang, dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran pada penelitian ini adalah dapat digunakannya buku panduan membuat batik teknik Tulis Jumput dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang sesuai dengan pedoman penggunaan buku panduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: batik; buku panduan; teknik Tulis Jumput.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 15:01
Last Modified: 06 Jun 2018 15:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31289

Actions (login required)

View Item View Item