PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS IIIA SEKOLAH DASAR


Afriyan Rizka Faradilla Arifin , 1401413160 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS IIIA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413160.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil belajar siswa, wawancara, dan observasi dengan guru kelas IIIA, pemahaman siswa terhadap PKn masih kurang. Ketersediaan media pembelajaran yang variatif dan menarik diperlukan pada mata pelajaran PKn kelas IIIA SDN Manyaran 01. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan desain dan komponen, kelayakan media, dan keefektifan media interaktif menggunakan adobe flash pada pembelajaran PKn yang sesuai dengan materi bangga sebagai bangsa Indonesia? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain dan komponen, mengkaji kelayakan media, menguji keefektifan media interaktif menggunakan adobe flash pada pembelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model Waterfall, yang meliputi tahap (1) analisis kebutuhan; (2) desain; (3) penerapan; (4) pengujian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, angket kebutuhan guru dan siswa, angket validator tim ahli, angket tanggapan guru dan siswa, serta pretest dan posttest. Penelitian ini dilakukan dengan model one group pretest posttest design. Teknik analisis data meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif menggunakan adobe flash sangat layak digunakan dengan persentase penilaian kelayakan media 83%, kelayakan isi/materi 100%, dan komponen kebahasaan 92%. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar -7,590, selanjutnya dibandingkan dengan ttabel sebesar -2,05954. Sehingga -thitung < -ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya media interaktif menggunakan adobe flash efektif digunakan pada pembelajaran PKn terhadap hasil belajar siswa. Sehingga ada perbedaan secara signifikan antara hasil belajar PKn sebelum menggunakan media interaktif dan sesudah menggunakan media interaktif. Dengan uji peningkatan rata-rata data pretest dan postttest sebesar 0,48 termasuk kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif menggunakan adobe flash layak dan efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Saran pada penelitian selanjutnya dapat menerapkan media interaktif menggunakan adobe flash tidak hanya dalam pembelajaran PKn dengan memperbaiki desain dan isi media terhadap materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media interaktif; Adobe flash; PKn
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 14:53
Last Modified: 06 Jun 2018 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31288

Actions (login required)

View Item View Item