PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS GATOT SUBROTO KABUPATEN TEGAL


Tiara Vera Febriane , 1401413159 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS GATOT SUBROTO KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413159.pdf]
Preview
PDF
Download (641kB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni dan budaya yang menekankan pada penguasaan dan kedalaman ilmu pengetahuan yang dimiliki guru terkait dengan bidang atau mata pelajaran yang diampunya. Kompetensi profesional guru juga dipengaruhi oleh cara guru memanfaatkan media dan fasilitas belajar dalam kegiatan belajar. Penggunaan media pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam memanfaatkan media pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar. Fasilitas belajar sendiri merupakan pemenuhan kebutuhan peserta didik untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap kompetensi profesional guru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru di SD Negeri se- Gugus Gatot Subroto Kabupaten Tegal yang berjumlah 74 guru. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100, jadi semua populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur dan angket atau kuisioner. Uji prasyarat yang digunakan, yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis korelasi ganda (R), analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kompetensi profesional guru dengan kontribusi sebesar 42,1%. Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap kompetensi profesional guru dengan kontribusi sebesar 41,8%. Terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 44,406 > 3,126 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 42,1%. Jika nilai penggunaan media pembelajaran dan fasilitas belajar meningkat, maka kompetensi profesional juga akan meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan meningkatkan penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas belajar untuk meningkatkan kompetensi guru yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: fasilitas belajar; kompetensi profesional guru; penggunaan media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 14:50
Last Modified: 06 Jun 2018 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31287

Actions (login required)

View Item View Item