KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN GROBOG KULON 01

Afri Dani Saputra , 1401413154 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN GROBOG KULON 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (738Kb)

    Abstract

    Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran matematika yaitu guru kurang inovatif dalam menerapkan model dan pendekatan dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan model konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran matematika yang berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, penulis berinisiatif mengujikan model PBL dengan pendekatan RME dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, bertujuan mengetahui mana yang terbukti lebih efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika kelas V SD materi Bangun Ruang. Bentuk desain penelitian dari Quasi Experimental Design yang digunakan oleh penulis yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Grobog Kulon 01. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh). Kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Adapun uji coba instrumen dilakukan di kelas V SDN Slawi Kulon 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitan menggunakan uji t. Pengujian hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t test melalui program SPSS versi 21. Hasil pengujian data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,332 > 2,021) dan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,751 > 2,021). Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar matematika antara siswa kelas V yang menggunakan model PBL dengan pendekatan RME dan yang menggunakan model Pembelajaran konvensional. Untuk hipotesis yang kedua (uji keefektifan), menggunakan rumus one sample t test. Hasil pengujian data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (9,214 > 2,086) dan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,127 > 2,086). Jadi, dapat disimpulkan model PBL dengan pendekatan RME efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang. Sementara itu, pengujian hipotesis ketiga (uji hubungan) menggunakan analisis korelasi product moment pearson. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 dan nilai r sebesar 0,737. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Grobog Kulon 01 yang menggunakan model PBL dengan pendekatan RME.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model PBL, Pendekatan RME, Sifat-sifat Bangun Ruang
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 06 Jun 2018 10:44
    Last Modified: 06 Jun 2018 10:44

    Actions (login required)

    View Item