KEEFEKTIFAN PENERAPAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN GETASKEREP 01 KABUPATEN TEGAL


Wulan Mayangsari , 1401413152 (2017) KEEFEKTIFAN PENERAPAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN GETASKEREP 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413152.pdf]
Preview
PDF
Download (689kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah dasar masih berupa pembelajaran konvensional yang berakibat pada rendahnya minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak pada siswa kelas V SDN Getaskerep 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dan mengetahui ada tidaknya perbedaan minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi cerita anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi DRTA sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar dan kemampuan membaca pemahaman. Populasi yang digunakan sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga semua populasi dilibatkan untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa pedoman wawancara, dokumen, lembar observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, homogenitas data, dan uji kesamaan rata-rata selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai indeks minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,48 termasuk ketegori tinggi, kelas kontrol sebesar 68,88 termasuk kategori sedang. Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen sebesar 80,42, sedangkan kelas kontrol sebesar 70,63. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (8,624 > 2,012), dan perbedaan kemampuan membaca pemahaman menunjukkan thitung > ttabel (3,317 > 2,012). Hasil uji keefektifan strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (5,386 > 2,011), selanjutnya terhadap kemampuan membaca pemahaman menunjukkan thitung > ttabel (3,009 > 2,011). Strategi DRTA hendaknya diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar karena terbukti efektif terhadap minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Directed Reading Thinking Activit); minat; kemampuan membaca pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 14:37
Last Modified: 06 Jun 2018 14:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31283

Actions (login required)

View Item View Item