HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG

Dewi Ayu Arismaya , 1401413151 (2017) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (600Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar pada tahun 2016 menyatakan bahwa Pembelajaran IPS yang diterapkan pada sekolah dasar saat ini menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran di kelas,. Permasalahan juga terjadi di di SD Gugus Gajahmada Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang dari data hasil belajar IPS siswa kelas III masih terdapat siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Hasil belajar IPS tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah dan minat belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS; minat belajar dengan hasil belajar IPS; lingkungan sekolah dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: hubungan lingkungan sekolah dengan hasil belajar IPS; hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS; dan hubungan lingkungan sekolah dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi Populasi penelitian 167 siswa dan sampel 116 siswa dengan teknik pengambilan proportionate random sampling. Teknik pengumpul data yaitu angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Setelah data memenuhi uji prasyarat, dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment dan analisis korelasi ganda. Hasil analisis data diperoleh: 1) hasil rx1y hitung > rtabel (0,702 > 0,176) termasuk kategori kuat; 2) hasil rx2y hitung > rtabel (0,705 > 0,176) termasuk kategori kuat; 3) hasil rx1x2y hitung > rtabel (0,729 > 0,176) termasuk kategori kuat; 4) besar koefisien determinasi 0,523 , ini berarti konstribusi lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa adalah 52,3% dan sisanya 48,7% disumbangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan hasil belajar IPS; minat belajar dan hasil belajar IPS; dan ada hubungan yang positif antara lingkungan sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar IPS kelas III SD. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini, diharapkan sekolah, dan guru saling membangun, meciptakan lingkungan sekolah dan minat belajar siswa dengan baik agar hasil belajar IPS siswa optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; lingkungan sekolah; minat belajar.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > L Education (General) > Interest to Learn
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 06 Jun 2018 10:34
    Last Modified: 06 Jun 2018 10:34

    Actions (login required)

    View Item