KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD GUGUS KENANGA KECAMATAN GEBOG KUDUS


Rahmawati Wulansari , 1401413149 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD GUGUS KENANGA KECAMATAN GEBOG KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413149.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi bersama guru ditemukan masalah mengenai rendahnya hasil belajar matematika di SD Gugus Kenanga Kecamatan Gebog Kudus. Hal ini disebabkan karena selama ini guru menerapkan model pembelajaran yang mirip dengan sintaks model GI dengan membentuk kelompok-kelompok kecil agar siswa dapat berdiskusi dengan teman sebayanya (peer tutoring) sehingga siswa lebih mudah menyelesaikan masalah dari guru. Namun, dalam kenyataan di lapangan siswa mengerjakan permasalahan dari guru secara individu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran TAI efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Gugus Kenanga Kecamatan Gebog Kudus? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran TAI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Gugus Kenanga Kecamatan Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD Gugus Kenanga Kecamatan Gebog Kudus. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan SD 4 Menawan sebagai kelas eksperimen dan SD 2 Menawan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes uraian. Hasil penelitian menggunakan data nilai tes awal dan tes akhir. Berdasarkan analisis uji t didapatkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Team Assisted Individualization; Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 14:31
Last Modified: 06 Jun 2018 14:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31281

Actions (login required)

View Item View Item