KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN GETASKEREP 02 KABUPATEN TEGAL


Feni Rahayu , 1401413148 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN GETASKEREP 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413148.pdf]
Preview
PDF
Download (671kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn di sekolah dasar masih menggunakan model konvensional sehingga minat dan hasil belajar siswa belum optimal. Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar siswa. Suatu kegiatan belajar yang dilakukan tidak sesuai dengan minat siswa akan memungkinkan berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa yang bersangkutan. Model Role Playing dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk mengoptimalkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Role Playing dan mengetahui ada tidaknya perbedaan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi, antara pembelajaran yang menggunakan model Role Playing dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Getaskerep 02 Kabupaten Tegal. Populasi yang digunakan sebanyak 42 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga semua populasi dilibatkan untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas data, selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai indeks minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 91,93 termasuk ketegori tinggi, kelas kontrol sebesar 79,76 termasuk kategori tinggi. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,75, sedangkan kelas kontrol sebesar 68,18. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (5,369 > 2,021), dan perbedaan hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,699 > 2,021). Hasil uji keefektifan model Role Playing terhadap minat belajar menunjukkan thitung > ttabel (9,546 > 2,093), selanjutnya terhadap hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (5,493 > 2,093). Jadi dapat disimpulkan bahwa, model Role Playing efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: role playing; hasil belajar; minat belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 14:28
Last Modified: 06 Jun 2018 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31280

Actions (login required)

View Item View Item