STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DAN CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PENUSUPAN 1 KABUPATEN TEGAL

Pravita Galuh Sekar Arum , 1401413146 (2017) STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DAN CONCEPT SENTENCE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PENUSUPAN 1 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (674Kb)

    Abstract

    Dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Penusupan 1, model yang diterapkan masih berupa model konvensional yang berisi kegiatan ceramah, diskusi, dan penugasan. Model Mind Mapping dan Concept Sentence dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran yang paling efektif terhadap hasil belajar materi menulis deskripsi kelas IV SD Negeri Penusupan 1 Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa, kelas IVA SD Negeri Penusupan 1 yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen 1, kelas IVB SD Negeri Penusupan 1 terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen 2, serta 28 siswa kelas IV SD Negeri Pener 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 sebesar 75,4, kelas eksperimen 2 sebesar 75, dan kelas kontrol sebesar 65. Analisis inferensial menggunakan uji ANOVA dengan uji lanjut Tukey HSD. Analisis uji lanjut, menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol dengan rata-rata perbedaan sebesar 11,104 dan secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 (0,001 < 0,05). Rata-rata kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol yang menunjukan rata-rata perbedaan hasil belajar sebesar 10,179 dengan nilai signifikansi 0,002 (0,002 < 0,05). Rata-rata perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 adalah 10,179 dengan nilai signifikansi sebesar 0,948 (0,948 > 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model Mind Mapping dan Concept Sentence lebih efektif dari model konvensional, dan hasil model penelitian yang paling efektif adalah model Mind Mapping.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Concept Sentence, hasil belajar, Mind Mapping.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 06 Jun 2018 10:25
    Last Modified: 06 Jun 2018 10:25

    Actions (login required)

    View Item