KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN GEMOLONG

Nila Novita Sari , 1401413144 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN GEMOLONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil observasi dan refleksi yang peneliti lakukan pada guru kelas V Gugus Diponegoro permasalahan yang terdapat pada pembelajaran matematika di gugus tersebut yaitu, pembelajaran, guru sudah menerapkan model pembelajaran yang urutan sajian materinya cenderung mirip dengan model pembelajaran Problem Solving namun pelaksanaannya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kecamatan Gemolong. Jenis penelitian ini Quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Diponegoro Kecamatan Gemolong. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, Pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji z dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL dapat mencapai KKM dan tuntas secara klasikal; 2) berdasarkan analisis uji t didapatkan thitung > ttabel (2.539 >1.699). Sebagai pendukung data diuji menggunakan nilai gain dan nilai N-Gain, dari data gain thitung > ttabel (1.790 > 1.699), dari data N-Gain didapat thitung > ttabel (2.745 >1.699) maka dari kedua data tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima maka hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model PBL lebih efektif daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol; 3) Aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan; 4) Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Saran dari peneliti sebaiknya guru membiasakan pembelajaran matematika menggunakan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari disekitar siswa, menyesuaikan dengan tingkat kemampuan berpikir siswa dan waktu yang tersedia sehingga tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Keefektifan; Matematika; PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 06 Jun 2018 10:21
Last Modified: 06 Jun 2018 10:21

Actions (login required)

View Item