Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan


Yohana Dini Trisnani Susanto , 1401413140 (2017) Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413140.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara pada hakikatnya merupakan suatu proses berkomunikasi dengan mempergunakan suara yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang di dalamnya terjadi pemindahan pesan dari suatu sumber ke tempat yang lain. menulis merupakan keterampilan berbahasa yang memerlukan proses atau tahapantahapan dalam mengemukakan gagasan dalam bentuk tulisan agar dipahami oleh orang lain. Salah satu cara agar terampil dalam menulis adalah dengan menguasai kosakata. Semakin kaya kosakata yang dimiliki, maka semakin besar kemungkinan terampil menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penguasaan kosakata, mendeskripsikan kemampuan berbicara, kemampuan menulis, dan menguji hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan berbicara dan menulis siswa kelas IV SDN Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jumlah sampel 110 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan menggunakan korelasi kanonik berbantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menggunakan SPSS versi 21 menunjukan ada hubungan variabel X ke Y1 ada hubungan signifikan sebesar 0,571, hubungan X ke Y2 ada hubungan signifikan sebesar 0,759, dan hubungan Y1 ke Y2 ada hubungan signifikan sebesar 0,574. Maka disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara X ke Y1, X ke Y2 dan Y1 ke Y2 pada siswa kelas IV di SD Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dengan keterampilan berbicara, penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis dan keterampilan berbicara dengan menulis siswa kelas IV SDN Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa variabel penguasaan kosakata dapat menjadi prediktor yang baik bagi variabel kemampuan berbicara dan menulis. Sehingga penelitian ini mengindikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran Bahasa Indonesia harus mampu meningkatkan penguasaan kosakata untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbicara; keterampilan; kosakata; menulis; penguasaan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Speaking
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 14:18
Last Modified: 06 Jun 2018 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item