PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD SE-SARWAS II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Arini Sabrina , 1401413136 (2017) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD SE-SARWAS II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413136.pdf]
Preview
PDF
Download (687kB) | Preview

Abstract

IPS adalah mata pelajaran yang mengkaji ilmu pengetahuan tentang disiplin ilmu sosial dan humaniora. Hasil belajar IPS mencakup segala aspek pembelajaran baik pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang berkaitan dengan mata pelajaran IPS. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar salah satunya adalah faktor eksternal dan faktor internal yang termasuk didalamnya teman sebaya dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan konsep diri terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Se-Sarwas II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Desain penelitian ini menggunaan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Sarwas II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang sebanyak 296 siswa dengan sampel berjumlah 171 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen teman sebaya dan konsep diri serta dokumentasi hasil belajar IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Teman sebaya kelas V lebih rendah dari 75%; (2) Konsep diri kelas V lebih rendah dari 75%; (3) hasil belajar IPS kelas V lebih rendah dari 75%; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara teman sebaya terhadap hasil belajar IPS dengan sumbangan pengaruh sebesar 3,8%; (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar IPS dengan sumbangan pengaruh sebesar 4,9%; (6) terdapat hubungan pada taraf rendah antara teman sebaya dengan konsep diri dibuktikan dari nilai R yaitu sebesar 0,246; (7) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara teman sebaya dan konsep diri terhadap hasil belajar IPS dengan sumbangan pengaruh sebesar 7,0 %. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara teman sebaya dan konsep diri terhadap hasil belajar IPS kelas V SD se-Sarwas II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, konsep diri, teman sebaya.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 13:01
Last Modified: 06 Jun 2018 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31274

Actions (login required)

View Item View Item