KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN BERBANTU MEDIA KARIKATUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI PANGGUNG 11 KOTA TEGAL


Novita Mariana , 1401413134 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN BERBANTU MEDIA KARIKATUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI PANGGUNG 11 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413134.pdf]
Preview
PDF
Download (840kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran wajib yang terdapat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah, memfokuskan pada pembentukan warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter Pancasila. Pembelajaran PKn selama ini masih berpusat pada guru. Pembelajaran belum melibatkan siswa secara maksimal. Hal tersebut menjadikan siswa mudah bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran PKn. Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran akan berpengaruh pada hasil belajar. Model Time Token berbantu media karikatur dapat menjadi model alternatif dalam pembelajaran PKn. Penerapan model Time Token berbantu media karikatur dapat mendorong siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model Time Token berbantu media karikatur terhadap motivasi dan hasil belajar PKn kelas V SD Negeri Panggung 11 Kota Tegal. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi berjumlah 62 siswa terdiri dari 32 siswa kelas V SD Negeri Panggung 11 KotaTegal dan 30 siswa kelas V SD Negeri Panggung 10 Kota Tegal. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Analisis statistik yang digunakan yaitu pearson correlation untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent sample t test untuk uji homogenitas, uji t dan uji pihak kanan untuk uji hipotesis. Hasil uji hipotesis motivasi belajar siswa menggunakan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel (2,848 > 2,000) dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05, sedangkan uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan hasil thitung > ttabel ( 2,031 > 2,000) dengan signifikansi 0,047 < 0,05. Sementara hasil uji hipotesis data motivasi belajar siswa menggunakan uji pihak kanan menunjukkan bahwa bahwa thitung > ttabel (4,660 > 1,696) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sedangkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,497 > 1,696) dengan signifkansi 0,001< 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Time Token berbantu media karikatur efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Model Time Token memerlukan alokasi waktu yang panjang untuk itu, guru harus disiplin dalam penggunaan waktu sehingga rencana pembelajaran yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Siswa hendaknya dapat memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya. Demi kemajuan kualitas pendidikan hendaknya dilakukan pengawasan berkala terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; model Time Token berbantu media karikatur; motivasi belajar;
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 12:57
Last Modified: 06 Jun 2018 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31273

Actions (login required)

View Item View Item