HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN GUGUS DEWI KUNTHI GUNUNGPATI SEMARANG


SAZHA NANDYA WARIH , 1401413133 (2017) HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN GUGUS DEWI KUNTHI GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413133.pdf]
Preview
PDF
Download (733kB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan suatu kegiatan yang selalu dihadapi setiap individu dalam kesehariannya. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh peserta didik setelah mengalami kegiatan belajar. Berdasarka temua di SDN Gugus Dewi Kunthi Gunungpati Semarang hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan siswa dan kebiasaan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah hubungan kedisiplinan siswa dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pegetahuan Sosial kelas III SDN Gugus Dewi Kunthi Gunungpati Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kedisiplinan siswa dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas III SDN Gugus Dewi Kunthi Gunungpati Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu kedisiplinan siswa dan kebiasaan belajar, serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Sampel penelitian pada penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling dengan jumlah sampel 74 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, data dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan statsistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan siswa dengan persentase sebesar 66,22% (49 siswa) dapat dikatakan bahwa kedisiplinan siswa berada dalam kategori sangat baik, (2) kebiasaan belajar dengan persentase sebesar 56,76% (42 siswa) dapat dikatakan kategori sangat baik, (3) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan persentase sebesar 59,46% (44 siswa) dalam kategori sangat baik, (4) hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hubungan kedisiplinan siswa dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 41,4% dengan nilai rhitung sebesar 0,643 dan nilai signifikansi 0,05, (5) hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 38,2% dengan nilai rhitung sebesar 0,618 dan nilai signifikansi 0,05, (6) hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya hubungan kedisiplinan siswa dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 57,1% dengan nilai rhitungsebesar 0,756 dan nilai signifikansi 0,05. Simpulan dari peneitian yaitu adanya hubungan yang positif antara kedisiplinan siswa dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas III SDN Gugus Dewi Kunthi Gunungpati Semarang. Saran bagi guru khusunya agar lebih menanamkan kedisiplinan dan membentuk kebiasaan belajar dengan baik sehingga mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; kebiasaan belajar; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 12:52
Last Modified: 06 Jun 2018 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31272

Actions (login required)

View Item View Item