PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS PUTRA SERANG 2 WONOSEGORO BOYOLALI


Ellyna Nur Rohmah , 1401413128 (2017) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS PUTRA SERANG 2 WONOSEGORO BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413128.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas mendidik bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, namun juga tugas orang tua dan keluarga. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Orag tua yang memiliki tingkat pendapatan tinggi dapat memenuhi fasilitas yang diperlukan anak untuk mendukung kegiatan belajar. Perhatian yang diberikan orang tua kepada anak juga menjadikan anak lebih terarah dalam kegiatan belajar, sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap hasil belajar IPS, (2) Menguji pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS (3) Menguji pengaruh tingkat pendapatan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS (4) Menguji besarnya pengaruh tingkat pendapatan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS. Lokasi penelitian berada di SDN Gugus Putra Serang 2 Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian korelasi yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 92 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan subjek penelitian. Variabel penelitian adalah tingkat pendapatan orang tua, perhatian orang tua, dan hasil belajar IPS. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket pendapatan orang tua, skala perhatian orang tua, tes hasil belajar IPS ranah kognitif, serta observasi hasil belajar IPS ranah afektif dan psikomotorik. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi, uji hipotesis, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh positif dan signifikan tingkat pendapatan orang tua terhadap hasil belajar IPS sebesar 42,64% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 3,841 dan nilai thitung sebesar 7,678 dengan sig. 0,000 < 0,05, (2) adanya pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS sebesar 41,08% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,455 dan nilai thitung sebesar 7,421 dengan sig. 0,000 < 0,05, (3) adanya pengaruh positif dan signifikan tingkat pendapatan orang tua dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS sebesar 64,5% yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 81,005 dengan sig. 0,000 < 0,05. Persamaan regresi yang terbentuk yaitu Y = 8,576 + 3,841X1 + 0,455X2. Simpulan penelitian yaitu tingkat pendapatan dan perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Putra Serang 2 Kecamatan Wonosegoro Boyolali. Saran dari peneliti, sekolah hendaknya mengoptimalkan kerjasama dengan orang tua siswa untuk membantu dan mendukung siswa dalam kegiatan belajar sehingga diperoleh hasil belajar optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, perhatian orang tua, tingkat pendapatan orang tua
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 17:51
Last Modified: 05 Jun 2018 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31270

Actions (login required)

View Item View Item