PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS GAMBAR UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN WIRU 01 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG


Winny Rosa Damayanti , 1401413120 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS GAMBAR UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN WIRU 01 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413120.pdf]
Preview
PDF
Download (625kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil data tes dan wawancarayang telah dilakukandi kelas IV SDN Wiru 01 Bringin, Kabupaten Semarang,menujukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Permasalahan ini disebabkan oleh guru belum mengembangkankan media yang bersifat permainan. Media yang digunakan oleh guru pada pembelajaran IPA antara lain buku, patung, gambar, alat peraga, dan video. Maka, perlupengembangan media ular tanggaberbasis gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. bagaimana karakteristik media yang digunakan guru pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Wiru 01 Bringin, Kabupaten Semarang, 2. bagaimana pengembangan media ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar, 3. bagaimana kelayakanmedia ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar, 4. bagaimana keefektifan media ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar di kelas IV. Tujuan dari penelitian ini: 1. mendeskripsikan karakteristik media yang digunakan guru pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Wiru 01 Bringin, Kabupaten Semarang, 2. menghasilkan media ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar,3. menguji kelayakan media ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar,4. menguji keefektifan media ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), terdiri atas 9 langkah: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan produk massal. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Wiru 01 Bringin, Kabupaten Semarang. Analisis data menggunakan deskripif presentase, uji normalitas, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian: 1. media yang digunakan oleh guru mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Wiru 01 Bringin, Kabupaten Semarang, berupa gambar, alat peraga, patung, buku, dan video, 2. media ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar diintegrasikan dengan permainan, gambar, dan materi,3. penilaian ahli menunjukkan media pembelajaran ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar berkriteria layak,4. terdapat peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan media pembelajaran ular tangga berbasis gambar kelas IV SDN Wiru 01 Bringin, Kabupaten Semarang. Simpulan: media ular tangga mata pelajaran IPA berbasis gambar di kelas IV layak dan efektif digunakan. Saran:guru dihimbau menggunakan media ular tangga berbasis gambar sesuai dengan pedoman penggunaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media; Pembelajaran; Ular Tangga; IPA; gambar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 17:48
Last Modified: 05 Jun 2018 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31269

Actions (login required)

View Item View Item