PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Erni Andriani , 1401413117 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DABIN II KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413117.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru sebagai tenaga pendidik bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk menjadi guru profesional diperlukan kinerja guru yang baik, agar tujuan pendidikan nasional yang diharapkan dapat tercapai secara optimal. Berdasarkan wawancara peneliti dengan kepala sekolah dan beberapa guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, diperoleh keterangan bahwa masih ada kinerja guru yang belum optimal. Kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu kemampuan mengajar, dalam penelitian ini disebut kompetensi pedagogik, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis: (1) seberapa tinggi kompetensi pedagogik guru; (2) seberapa tinggi kinerja guru; (3) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang sebanyak 96 dan sampel 77 dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dengan jawaban skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, masuk dalam kategori “sangat kuat” yaitu mencapai persentase sebesar 87,6%; (2) kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, masuk dalam kategori “sangat kuat” yaitu mencapai persentase sebesar 90,7%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Dabin II Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan sebesar 0,523 yang artinya kompetensi pedagogik memberi pengaruh sebesar 52,3% terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penilitian, peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah yang ingin meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran agar optimal, yaitu dengan cara meningkatkan penguasaan kompetensi pedagogik guru. Guru yang dapat memiliki, menguasai, dan menerapkan kompetensi pedagogik yang dimilikinya, akan meningkat kinerja guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik
Subjects: L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 17:36
Last Modified: 05 Jun 2018 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item