PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP-UP STORY PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KELAS VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG


Yan Kana Kantisia , 1401413114 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP-UP STORY PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KELAS VB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413114.pdf]
Preview
PDF
Download (846kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapatnya permasalahan dalam pembelajaran IPS yang belum optimal dan media yang terbatas hanya menggunakan gambar sederhana dan gambar berukuran kecil, media konkrit yang terbatas dan kurang memvisualkan isi materi, keterbatasan buku teks yang banyak materi sehingga siswa kurang mendapat pengalaman langsung ketika mendapatkan materi dalam pembelajaran dan hasil belajar belajar IPS memiliki rerata rendah. Sehingga perlu dikembangkan media buku pop-up story pada pembelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimana cara mengembangkan desain dan komponen media buku pop-up story pada pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain dan komponen media buku pop-up story pada pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan produk akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tambakaji 01 yang menjadi sampel adalah siswa kelas VB dengan teknik non problability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media buku pop-up story layak digunakan dengan persentase penilaian komponen kelayakan isi 90%, komponen kebahasaan 95% dan komponen penyajian 90%. Media buku pop-up story berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 11,843 dan peningkatan rata-rata gain sebesar 0,4168 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media buku pop-up story efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi. Saran penelitian selanjutnya dapat menambahkan kelengkapan baik dari segi isi yang lebih ringkas dan jelas, kemudian menambahkan kelengkapan komponen penyajian seperti teknik pembuatan yang lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media buku pop-up story; IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 17:04
Last Modified: 05 Jun 2018 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item View Item