HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO MIJEN KOTA SEMARANG


Dina Sriutami , 1401413111 (2017) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS BUDI UTOMO MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413111.pdf]
Preview
PDF
Download (782kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal pada siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang dengan hasil belajar IPS yang masih rendah yaitu 44,2% siswa masih mendapat nilai di bawah KKM dikarenakan kurangnya perhatian orang tua siswa serta kurangnya motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang? Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu perhatian orang tua dan motivasi belajar, serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang yang berjumlah 136 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 68 siswa atau 50% dari populasi yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif, analisis data awal/uji prasyarat analisis, dan analisis data akhir menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS sebesar 30,5% yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,552 dalam kategori sedang dengan signifikansi 0,000 (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 36,7% yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 606 dalam kategori tinggi dengan signifikansi 0,000. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 48,3%. yang ditunjukkan dengan nilai rhitung = 0,695 dalam kategori tinggi dan Fhitung 30,357 dengan nilai signifikansi 0,00< 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gugus Budi Utomo Mijen Kota Semarang. Saran hasil penelitian ini adalah orang tua hendaknya lebih meningkatkan perhatiannya kepada anak dan siswa hendaknya dapat meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS; kelas V; motivasi belajar; perhatian orang tua
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 17:01
Last Modified: 05 Jun 2018 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31264

Actions (login required)

View Item View Item