PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI GLONGGONG PATI
Wanda Dwi Novita , 1401413110 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI GLONGGONG PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (730kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPA bahwa hasil pembelajaran IPA belum optimal, masih kurangnya minat serta motivasi siswa untuk belajar dan guru belum menggunakan media yang inovatif untuk menyampaikan materi karena, siswa hanya menggunakan buku LKS/LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan buku paket lama yang terbatas jumlahnya sebagai media pembelajaran, sehingga sumber belajar yang dipakai siswa sangat kurang dan belum bervariasi. Sehingga, perlu dikembangkan media buku saku pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan desain dan komponen media buku saku pada pembelajaran IPA materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya? tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan desain dan komponen media buku saku pada pembelajaran IPA materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dari Sugiyono dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Glonggong Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalaitas, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku saku layak digunakan dengan persentase penilaian oleh para ahli materi sebesar 87,5%, ahli media sebesar 90% dan ahli praktisi sebesar 96,8%. Media buku saku berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 7,514801 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,515873 dengan kriteria sedang, maka Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah media buku saku efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya. Saran penelitian selanjutnya buku saku dapat dikembangkan lagi dengan perencanaan yang lebih baik diantaranya dalam perencanaan komponen isi yang lebih lengkap dan dalam komponen penyajian yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media; Media buku saku; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 16:58 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 16:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31263 |
Actions (login required)
View Item |