KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KOTA SEMARANG


Tiara Widiastuti , 1401413106 (2017) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA PARAGRAF SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413106.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar bahasa Indonesia di SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kota Semarang. Hal ini disebabkan karena siswa masih kesulitan dalam memahami bacaan untuk menentukan gagasan utama paragraf. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana keefektifan motode CIRC dan Scramble terhadap keterampilan menemukan gagasan utama paragraf siswa kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro Semarang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan metode CIRC dan scramble terhadap keterampilan menentukan gagasan utama paragraf siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan di SDN Pangeran Diponegoro Semarang di kelas V pada bulan Maret - April 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro Semarang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Purwoyoso 6 (kelas eksperimen I) dan siswa kelas V SDN Purwoyoso 02 (kelas Eksperimen II) dan siswa kelas V SDN Tambakaji (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling accidental. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode CIRC dan metode scramble dan variabel terikat adalah hasil keterampilan menentukan gagasan utama paragraf. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji-t pada hipotesis I menunjukkan rata – rata hasil keterampilan menentukan gagasan utama paragraf menggunakan metode CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai thitung (-4,604) < ttabel (1,992) dengan dk 73. Hipotesis II menunjukan metode scramble lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai thitung (-2,350) < ttabel (1,995) dengan dk 68. Hipotesis III menunjukan metode CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan metode scramble dengan nilai thitung 2,520) > ttabel (1,995) dengan dk 69. Dapat disimpulkan bahwa metode CIRC lebih efektif dibandingkan dengan metode scramble dan metode diskusi. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih metode CIRC dalam menentukan gagasan utama, sehingga siswa dapat merencanakan, menentukan sendiri pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Untuk siswa, hendaknya lebih aktif dalam berpartisipasi agar pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, CIRC, Scramble, Gagasan Utama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 16:34
Last Modified: 05 Jun 2018 16:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31261

Actions (login required)

View Item View Item