KEEFEKTIFAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS II SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO SEMARANG


Resti Ita Indriani , 1401413102 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS II SDN GUGUS PANGERAN DIPONEGORO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413102.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertujuan meningkatkan kesadaran dan wawasan akan status, hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Berdasarkan pra penelitian di kelas II SDN Gugus Diponegoro Semarang diperoleh informasi bahwa pembelajaran PKn dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab, siswa cenderung kurang aktif dan hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah model VCT lebih efektif terhadap hasil belajar PKn materi menerapkan nilai-nilai Pancasila siswa kelas II SDN Gugus Pangeran Diponegoro Semarang, bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi menerapkan nilainilai Pancasila pada siswa kelas II SDN Gugus Pangeran Diponegoro Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari model VCT terhadap hasil belajar PKn materi menerapkan nilai-nilai Pancasila siswa kelas II SDN Gugus Diponegoro Semarang, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi menerapkan nilai-nilai siswa kelas II SDN Gugus Pangeran Diponegoro Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus Pangeran Diponegoro Semarang, dengan sampel penelitian adalah kelas II SDN Puwoyoso 01 sebagai kelas eksperimen dan SDN Puwoyoso 02 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini berupa model VCT dan hasil belajar PKn materi menerapkan nilai-nilai Pancasila. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, uji t tes dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model VCT efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi menerapkan nilai-nilai Pancasila. Dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen pada thitung > ttabel, yaitu 1,850 >1,684, sedangkan pada kelas kontrol adalah 1,854 >1,684. Sehingga didapat kesimpulan Ha diterima yaitu, model VCT lebih efektif dibandingkan metode ceramah dan tanya jawab terhadap hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Pangeran Diponegoro Semarang. Simpulan penelitian ini adalah model VCT efektif digunakan pada pembelajaran PKn karena adanya peningkatan hasil belajar siswa. Saran pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan model VCT pada pembelajaran PKn karena pembelajarannya mengajak siswa untuk menggali dan menanamkan nilai pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; PKn; Value Claificaion Technique.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 15:37
Last Modified: 05 Jun 2018 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31259

Actions (login required)

View Item View Item