ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS IMAM BONJOL KOTA TEGAL


Santi Nurmalitasari , 1401413098 (2017) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS IMAM BONJOL KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413098.pdf]
Preview
PDF
Download (902kB) | Preview

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah merupakan prasyarat bagi manusia untuk melangsungkan hidupnya. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan memecahkan masalah diterapkan dalam soal cerita. Soal cerita merupakan salah satu bentuk soal yang menyajikan permasalahan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Namun, siswa seringkali merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Imam Bonjol pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan, faktor penyebab kesalahan dan solusi untuk meminimalisir kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, analisis dokumen, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 25 siswa dan 5 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis model Milles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan pada masing-masing butir soal dengan berbagai tipe kesalahan, yakni kesalahan membaca 22 kali, kesalahan memahami masalah 117 kali, kesalahan transformasi 131 kali, kesalahan proses perhitungan 204 kali, dan kesalahan penulisan jawaban 145 kali. Terdapat 3 faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yakni: 1) kesulitan memahami masalah; 2) tidak memahami konsep dan operasi pecahan; 3) dan karena lupa, tergesa-gesa saat mengerjakan tes serta tidak teliti. Solusi untuk meminimalisir kesulitan menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita, membuat soal cerita dengan bahasa yang lebih komunikatif, menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan soal cerita, dan memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesulitan, prosedur Newman, dan soal cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 15:27
Last Modified: 05 Jun 2018 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31256

Actions (login required)

View Item View Item