FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD NEGERI DUKUHWARU 4 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Evi Anggraeni , 1401413086 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SD NEGERI DUKUHWARU 4 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413086.pdf]
Preview
PDF
Download (945kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari adalah salah satu sarana bagi usaha pembentukan pribadi siswa. Hal ini mengingat usia anak-anak di tingkat Sekolah Dasar secara umum haus akan ekspresi, hal ini harus disalurkan dalam pendidikan kesenian, sehingga tidak terjadi penyimpangan dalam penuangan ekspresi ketika anak SD itu menginjak sekolah lanjut. Pembelajaran seni tari di sekolah, khususnya sekolah dasar memerlukan kerja sama dari guru dan siswa, dalam hal ini minat siswa pada setiap proses pembelajaran seni tari memiliki pengaruh yang besar terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat minat belajar dan faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa pada pembelajaran seni tari di SD Negeri Dukuhwaru 4 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Dukuhwaru 4 KabupatenTegal. Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru yang mengajar seni tari dan 95 siswa yang ada di kelas III sampai kelas VI. Semua anggota populasi pada penelitian ini digunakan sebagai sampel yang berjumlah 95 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Variabel penelitian ini yaitu minat belajar siswa dalam pembelajaran seni tari dengan 30 indikator.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat minat belajar siswa pada pembelajaran seni tari berada pada kategori sedang, dengan rata-rata nilai indeks sebesar 72,64%. Hasil perhitungan nilai indeks pada sub variabel tingkat minat belajar diperoleh rata-rata sebesar 74,25%; pada sub variabel faktor internal diperoleh rata-rata sebesar 71,45%; dan pada sub variabel faktor eksternal diperoleh rata-rata sebesar 72,22%. Faktor internal yang terdiri dari jasmaniah siswa dan psikologi siswa juga menunjukkan pada kategori sedang. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata nilai indeks dimensi jasmaniah siswa dan psikologi siswa secara berturutturut yaitu 70,79% dan 72,11%. Faktor eksternal yang terdiri dari faktor keluarga dan faktor sekolah juga berada pada kategori sedang, karena masing-masing memiliki nilai indeks sebesar 66,58% dan 74,42%. Sedangkan faktor eksternal untuk faktor lingkungan masyarakat berada pada kategori tinggi yaitu diperoleh rata-rata sebesar 75,66%. Disimpulkan bahwa faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran seni tari. Hendaknya ada kerjasama antara guru, pihak sekolah, dan keluarga untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Pembelajaran, Seni Tari.
Subjects: L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 15:00
Last Modified: 05 Jun 2018 15:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31254

Actions (login required)

View Item View Item