PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY DENGAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG


Lutvi Havifazrin , 1401413085 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY DENGAN POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SDN SALAMAN MLOYO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413085.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan proses pembelajaran PKn di SDN Salaman Mloyo Semarang belum optimal karena media pembelajaran yang digunakan masih terbatas gambar pada buku paket, sehingga siswa kurang memahami pembelajaran PKn yang mengakibatkan hasil belajar PKn tergolonng rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara mengembangkan desain dan komponen media komik berbasis information technology (IT) dengan powerpoint?, serta bagaimanakah kelayakan dan keefektifan media komik berbasis IT dengan powerpoint pada pembelajaran PKn? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan desain dan komponen media komik berbasis IT dengan powerpoint, mengkaji kelayakan media komik berbasis IT dengan powerpoint, dan menguji keefektifan media komik berbasis IT dengan powerpoint pada pembelajaran PKn. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono, dengan 8 langkah yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi; dan 8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji persyaratan analisis, data akhir dengan uji t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik berbasis IT dengan powerpoint sangat layak digunakan dengan persentase penilaian kelayakan isi sebesar 100% dari ahli materi, komponen penyajian sebesar 95% dari ahli media dan komponen kebahasaan sebesar 90% dari ahli bahasa. Hasil uji perbedaan ratarata menggunakan uji t diperoleh - yaitu -13,641 kurang dari - yaitu - 2,063, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya media komik berbasis IT dengan powerpoint efektif digunakan pada pembelajaran PKn terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,605 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media komik berbasis IT dengan powerpoint layak dan efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media komik berbasis IT dengan powerpoint pada pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan gambar, tata letak, dan menyesuaikan media dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Information Technology; Komik; Powerpoint; PKn.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 14:55
Last Modified: 05 Jun 2018 14:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31253

Actions (login required)

View Item View Item