KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN GUGUS BIMA SEMARANG

Lusi Aprilia Wardiana , 1401413081 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SDN GUGUS BIMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (719Kb)

    Abstract

    Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di kelas V SDN Gugus Bima Semarang diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif bertanya jawab didalam kelas dan diskusi kelompok yang belum optimal karena kurangnya pengawasan dalam diskusi dapat membuat siswa bergantung pada teman sekelompoknya, sehingga pembelajaran masih terpusat pada guru. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Bima Semarang dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN Manyaran 01 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran course review horay efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung 3.159 ˃ ttabel 3.159 yang berarti model pembelajaran course review horay lebih efektif terhadap hasil belajar PKn materi keputusan bersama. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,5349 (sedang) dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,2951 (rendah). Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80% dibandingkan kelas kontrol yaitu 59%. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran course review horay efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama dan meningkatkan aktivitas siswa. Saran yang disampaikan yaitu model pembelajaran course review horay sebaiknya dirancang dengan menyiapkan beberapa pertanyaan untuk kuis course review horay agar dapat berjalan optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: course review horay; hasil belajar; keefektifan; PKn
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Jun 2018 10:51
    Last Modified: 05 Jun 2018 10:51

    Actions (login required)

    View Item