PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MARDISISWA KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS


May Nisa Istiqomah , 1401413078 (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS MARDISISWA KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413078.pdf]
Preview
PDF
Download (820kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar yang telah dilakukan oleh siswa sesuai dengan kemampuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau angka. Ada dua faktor yang memengaruhi prestasi belajar peserta didik, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor dari dalam diri siswa, yang diantaranya terdapat gaya belajar dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Se-Gugus Mardisiswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Mardisiswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas sebanyak 168 siswa. Sampel penelitian sebanyak 117 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan analisis deskriptif data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Analisis deskriptif data digunakan untuk mengetahui nilai indeks pertanyaan dan indikator pada variabel gaya belajar dan kreativitas. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi ganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 14%; (2) terdapat pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 65,1%; serta (3) terdapat pengaruh gaya belajar dan kreativitas terhadap prestasi belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 67,8%. Dapat disimpulkan bahwa: gaya belajar dan kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Se-Gugus Mardisiswa Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar; kreativitas; prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 14:45
Last Modified: 05 Jun 2018 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item View Item