PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS


Tri Ana Lestari , 1401413076 (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413076.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar. Ada dua faktor yang memengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa salah satunya adalah motivasi belajar. Faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar adalah kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus R.A. Kartini Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus R.A. Kartini Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, sebanyak 253 siswa. Sampel penelitian sebanyak 153 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 30,2%; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan pengaruh 38%; (3) terdapat pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 51,9%. Dapat disimpulkan bahwa: kedisiplinan dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus R.A. Kartini Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orangtua hendaknya memerhatikan dan meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar siswa, sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 14:26
Last Modified: 05 Jun 2018 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31249

Actions (login required)

View Item View Item