KEEFEKTIFAN MEDIA POP-UP BOOK PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS DIPONEGORO KARANGRAYUNG GROBOGAN


Agustania Haryanti , 1401413071 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA POP-UP BOOK PADA MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS DIPONEGORO KARANGRAYUNG GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413071.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang belum efektif, sehingga menjadikan hasil belajar belum optimal. Disebabkan karena tingkat berpikir siswa masih dalam tahap operasional konkret, belum dapat berpikir abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi. Media pop-up book dapat menjadi alternatif pembelajaran IPS. Selain itu media dapat disampaikan melalui model cooperative learning.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan media pop-up book pada model cooperative learning dalam pembelajaran IPS siswa kelas V dan untuk menguji keefektifan media pop-up book pada model cooperative learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Diponegoro Karangrayung Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus Diponegoro. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebayak 33 siswa, diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, dan uji hipotesis. Hasil observasi penggunaan media menunjukkan rata-rata skor akhir ketercapaian kelas eksperimen 94,79%, lebih tinggi daripada kelas kontrol 79,17%. Hasil penelitian menunjukkan data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Harga thitung lebih besar daripada harga ttabel (7,139 > 1,997) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, berarti Ha diterima yaitu ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Besar peningkatan pada kelas eksperimen terlihat dari rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,668 (kategori sedang). Ketercapaian penggunaan media kelas eksperimen yang lebih tinggi dan peningkatan hasil belajar IPS kelas eksperimen disebabkan adanya pengaruh penggunaan media pop-up book pada model cooperative learning. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media pop-up book pada model cooperative learning dalam pembelajaran IPS siswa kelas V terlaksana dengan baik. Kemudian media pop-up book pada model cooperative learning efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Diponegoro Karangrayung Grobogan. Siswa diharapkan lebih aktif dalam pembelajaran, guru sebaiknya menggunakan media pop-up book agar pembelajaran lebih menarik, dan sekolah hendaknya memberikan kebijakan yang mendukung terlaksananya pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media pop-up book, hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 14:03
Last Modified: 05 Jun 2018 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31248

Actions (login required)

View Item View Item