KEEFEKTIFAN METODE KARYAWISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEGIRIKAN 01 KABUPATEN TEGAL


Esthi Dwi Prihatini , 1401413068 (2017) KEEFEKTIFAN METODE KARYAWISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEGIRIKAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413068.pdf]
Preview
PDF
Download (765kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dilaksanakan dengan tujuan agar siswa mampu melatih keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Metode pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah dasar masih berupa metode pembelajaran konvensional. Keadaan seperti itu terjadi pada pembelajaran di SDN Pegirikan 01 Kabupaten Tegal, yang berakibat pada rendahnya motivasi dan hasil belajar menulis siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan metode karyawisata dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Pegirikan 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode karyawisata efektif terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Pegirikan 01 Kabupaten Tegal. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent control group design dengan jumlah populasi 45 siswa. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel yakni 23 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis data yakni validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis. Perhitungan analisis data menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan dan keefektifan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,838 > 2,032) dan nilai signifikansi 0,007 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan melalui one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,869 > 2,073) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,137 > 2,032) dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan melalui one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,947 > 2,0738) dan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis deskripsi pada siswa kelas V antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode karyawisata efektif terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis deskripsi pada siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis deskripsi, Metode Karyawisata, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:59
Last Modified: 05 Jun 2018 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31247

Actions (login required)

View Item View Item