PENGEMBANGAN TEKA-TEKI CARI KATA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN SISWA SD KELAS I


Nur Hidayati , 1401413066 (2017) PENGEMBANGAN TEKA-TEKI CARI KATA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN SISWA SD KELAS I. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413066.pdf]
Preview
PDF
Download (865kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IA SDI Siti Sulaechah 01 Semarang, peneliti menemukan permasalahan, diantaranya rendahnya kemampuan membaca dan menuliskan kosakata dengan benar, dan kurangnya media pembelajaran membaca dan menuliskan kosakata. Dalam penelitian ini peneliti hanya membatasi pada masalah kurangnya media pembelajaran membaca dan menuliskan kosakata. Oleh karena itu peneliti mengembangkan teka-teki cari kata dengan pendekatan saintifik sebagai media pembelajaran membaca menulis permulaan siswa SD kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan desain teka-teki cari kata dengan pendekatan saintifik; (2) mendeskripsikan penilaian ahli media dan ahli materi terhadap teka-teki cari kata dengan pendekatan saintifik; (3) mengetahui keefektifan teka-teki cari kata dengan pendekatan saintifik sebagai media pembelajaran membaca menulis permulaan siswa SD kelas I. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan prosedur penelitian Borg and Gall. Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IA SDI Siti Sulaechah 01 Semarang (uji keefektifan), siswa kelas IB SDI Siti Sulaechah 01 Semarang (uji coba lapangan skala besar), siswa kelas I SDS Nurul Islam Purwoyoso (uji coba lapangan skala kecil), guru kelas IA SDI Siti Sulaechah 01 Semarang, serta dosen ahli media dan dosen ahli materi. Hasil penelitian ini adalah (1) buku kumpulan teka-teki cari kata tentang kegiatan pagi hari, disesuaikan dengan buku tematik terpadu kurukulum 2013, dan menerapkan pendekatan saintifik; (2) penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran teka-teki cari kata dengan pendekatan saintifik sebesar 92,09%, artinya sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan tanpa perbaikan; (3) hasil uji keefektifan penggunaan media teka-teki cari kata dengan pendekatan saintifik sebesar 0,89, berarti berada pada interval 0,7, artinya masuk kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teka-teki cari kata dengan pendekatan saintifik efektif digunakan sebagai media pembelajaran membaca dan menulis kosakata. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmu dalam pembelajaran bahasa Indonesia, terutama membaca dan menulis permulaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca menulis permulaan, media pembelajaran, teka-teki cari kata, pendekatan saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:56
Last Modified: 05 Jun 2018 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31246

Actions (login required)

View Item View Item