HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD/MI GUGUS PATIMURA KEBONAGUNG DEMAK


Rista Eviana Dewi , 1401413065 (2017) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD/MI GUGUS PATIMURA KEBONAGUNG DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413065.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD/MI Gugus Patimura Kebonagung Demak belum sepenuhnya melampaui KKM. Khususnya pada mata pelajaran matematika kurang dari 75%. Rendahnya hasil belajar tersebut beberapa faktor, baik dari dalam diri siswa maupun luar. Faktor dalam diri siswa yaitu siswa kurang bisa menilai dirinya secara positif sedangkan faktor dari luar yaitu bimbingan belajar orang tua. Rumusan Masalah penelitian yaitu 1) Adakah hubungan yang positif dan signifikan konsep diri dan hasil belajar matematika siswa?2) Adakah hubungan yang positif dan signifikan bimbingan belajar orang tua dan hasil belajar matematika siswa? 3) Adakah hubungan yang positif dan signifikan konsep diri dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa.Tujuan penelitian: (1) Menguji hubungan konsep diri dan hasil belajar matematika siswa. (2 )Menguji hubungan bimbingan belajar orang tua dan hasil belajar matematika siswa. (3) Menguji hubungan konsep diri dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan desain penelitian ini menggunakan korelasi sejajar. Jumlah populasi dalam penelitian ini 113 siswa. Teknik pengambilan sampel jenuh dengan menggunakan seluruh populasi sebagai anggota sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik inferensial yaitu korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian : (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan konsep diri dan hasil belajar matematika dengan r hitung sebesar 0,514 (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan bimbingan belajar orang tua dan hasil belajar matematika dengan r hitung sebesar 0,4054.(3) Ada hubungan yang positif dan signifikan konsep diri dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar dengan r hitung sebesar 0,5144. Simpulan penelitian ini yaitu ada positif dan signifikan konsep diri dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD/MI gugus Patimura Kebonagung Demak. Semua pihak baik guru maupun orang tua sebaiknya menanamkan konsep diri positif dalam diri siswa serta orang tua dapat memberikan bimbingan belajar pada siswa agar mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Hasil Belajar, Konsep Diri, Orang Tua
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:53
Last Modified: 05 Jun 2018 13:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31245

Actions (login required)

View Item View Item