PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO NUSANTARA (DONAT) KONSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS RANAH KOGNITIF STUDI KASUS: SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG


Veni Melina , 1401413061 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO NUSANTARA (DONAT) KONSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS RANAH KOGNITIF STUDI KASUS: SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413061.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS merupakan hasil terendah. Penyebabnya antara lain kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya variasi model serta metode dalam pembelajaran, antusias siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini di antaranya (1) Bagaimanakah pengembangan Donat Konservasi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif pada kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang?, (2) Apakah Donat Konservasi layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif?, (3) Apakah media pembelajaran Donat Konservasi efektif terhadap hasil belajar IPS ranah kognitif?. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui keefektifan media Donat Konservasi terhadap hasil belajar pada materi Keberagaman Budaya Bangsa di kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Purwoyoso 01 Semarang yang berjumlah 39. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R and D) dengan model Borg and Gall. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran Donat Konservasi berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kelompok kecil kemudian diterapkan pada kelompok besar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, data dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 89% (sangat layak) dan persentase yang didapat oleh ahli media adalah 84,7% (sangat layak). Hasil belajar uji coba kelompok kecil mengalami peningkatan dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang. Dibuktikan pula pada hasil rata-rata posttest kelompok besar, yaitu 88,67, dibandingkan ratarata pretest yang hanya 69,67 dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang (N-Gain= 0,63), disertai tanggapan positif dari siswa dan guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Donat Konservasi layak untuk digunakan dan efektif terhadap hasil belajar kognitif. Saran untuk siswa agar produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar secara mandiri ketika berada di luar pembelajaran formal. Guru dapat pula menggunakan media serupa untuk mata pelajaran lainnya disertai dukungan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: donat konservasi; pengembangan; IPS; sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:44
Last Modified: 05 Jun 2018 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31242

Actions (login required)

View Item View Item