HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG GAJAH DEMAK


Tresnanti Sulistyaningrum , 1401413059 (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS SULTAN AGUNG GAJAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413059.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Faktor yang memberikan kontribusi besar terhadap hasil belajar adalah minat belajar dan kebiasaan belajar, karena siswa cenderung kurang adanya sumber belajar, sebagian besar hanya mengandalkan sumber belajar yang dipinjamkan oleh pihak sekolah. Serta adanya keterangan bahwa profesi orangtua menengah ke bawah, sehingga kemungkinan perhatian akan perilaku dan kebiasaan belajar kurang. Data awal yang didapatkan peneliti menunjukkan pada kelas V semester 1 banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Data hasil belajar dari 154 siswa, hanya 74 siswa yang mendapat nilai di atas KKM dan sisanya 80 siswa nilainya di bawah KKM. Rumusan masalah penelitian: apakah ada hubungan minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Gajah Demak? Tujuan Penelitian yaitu menguji hubungan minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Sultan Agung Gajah Demak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan desain penelitian ini yaitu penelitian korelasi sejajar. Jumlah populasi dalam penelitian ini 154 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpul data menggunakan dokumentasi, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik inferensial berupa korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan minat belajar dan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,3300. (2) ada hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,3049. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi 0,3925. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Minat belajar tinggi dan kebiasaan yang baik maka hasil belajar akan tinggi pula. Jadi, semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan minat belajar dan kebiasaan belajar siswa sehingga diharapkan siswa akan mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kebiasaan Belajar, Matematika, Minat Belajar,
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:42
Last Modified: 05 Jun 2018 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31241

Actions (login required)

View Item View Item