ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS INKLUSI DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 2 PURWOKERTO
Ghina Nafs Nugroho , 1401413058 (2017) ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KELAS INKLUSI DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 2 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus memerlukan pendidikan khusus, salah satunya dengan pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi merupakan pemberian layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam sekolah reguler dengan pertimbangan khusus. Perencanaan pembelajaran terutama bagi pendidikan inklusi, penting adanya untuk memerhatikan sub-sub sistem salah satunya media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pembelajaran. Guru harus memilih media pembelajaran yang dapat mengakomodasi siswa berkebutuhan khusus, khususnya anak lamban belajar. Dari latar belakang tersebut penelitian bertujuan untuk; mengetahui pertimbangan guru dalam memilih media dan menganalisis ketersediaan, pemanfaatan, serta hambatan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi data, dan member check. Uji kebergantungan dan kepastian dilakukan selama proses pembimbingan. Hasil penelitian ini menunjukkan. Ketersediaan media pembelajaran baik media maupun adaptif tersedia, 63 media pembelajaran dan 11 media adaptif, media tersimpan di ruang MRC, Wakil Kepala Sekolah Kelas 5, dan BK. Pemilihan media pembelajaran meliputi; (1) perencanaan pembelajaran; (2) pertimbangan pemilihan terdiri dari tujuan pembelajaran, kesesuaian materi, dan karakteristik siswa; (3) fungsi dan pemanfaatan media yang berfungsi mempermudah proses pembelajaran serta pemanfaatan bersifat primer; (4) alternatif pilihan seperti membuat, membeli, dan mencari di internet; (5) memilih media sesuai tujuan pembelajaran; (6) tidak menyusun bahan ajar tetapi menggunakan yang ada di sekolah dan media sesuai dengan bahan ajar; (7) guru telah memilih media sesuai sasaran dan mengakomodasi siswa lamban belajar. Pemanfaatan media pembelajaran dilakukan guru dengan cara; (1) menyampaikan tujuan pembelajaran; (2) tugas yang akan dilakukan siswa seperti mengerjakan LKS; (3) guru dapat menyajikan dan memiliki keterampilan dalam menggunakan media; (4) tindak lanjut pembelajaran seperti memberikan kesimpulan dan work sheet, tindak lanjut work sheet adalah pengayaan dan remedial. Hambatan yang dialami; (1) pengembangan media seperti sumber materi dan manusia, dana, serta waktu; (2) siswa lamban belajar dalam KBM, pemberian tugas, dan pembelajaran dengan media; (3) tingkat kesenangan siswa yaitu siswa senang dengan media yang digunakan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inklusi, ketersediaan, media pembelajaran, pemanfaatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 13:39 |
Last Modified: | 05 Jun 2018 13:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31240 |
Actions (login required)
View Item |