KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBUAT MONTASE DI KELAS III SD NEGERI ADIWERNA 01 KABUPATEN TEGAL


Uli Carolina , 1401413054 (2017) KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBUAT MONTASE DI KELAS III SD NEGERI ADIWERNA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413054.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran SBK khususnya materi Membuat Montase yang diterapkan di SD umumnya masih menggunakan metode menggambar bebas. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif memilih tema adalah dengan menggunakan metode Ekspresi Bebas Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan metode pembelajaran yang efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Adiwerna 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, sebanyak 57 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t menggunakan Independent sample t test dan uji keefektifan menggunakan One sample t test. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar diperoleh 4,120 > 2,004 (t hitung > t tabel) artinya Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Perbedaan hasil belajar diperoleh 2,293 > 2,004 (t hitung > t tabel) artinya Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Selanjutnya hasil uji keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap aktivitas belajar diperoleh 5,494 > 2,052 (t hitung > t tabel) artinya Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap hasil belajar diperoleh 2,931 > 2,052 (t hitung > t tabel) artinya Ho4 ditolak dan Ha4 diterima. Dari hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Ekspresi Bebas lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III materi membuat montase.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, metode ekspresi bebas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:10
Last Modified: 05 Jun 2018 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31238

Actions (login required)

View Item View Item