KEEFEKTIFAN METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBUAT MONTASE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SOKANEGARA KABUPATEN BANYUMAS

Eryza Shandra Luhita , 1401413053 (2017) KEEFEKTIFAN METODE EKSPRESI BEBAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMBUAT MONTASE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SOKANEGARA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1235Kb)

    Abstract

    Kegiatan menggambar merupakan kegiatan awal dari anak dalam berkarya seni rupa. Pembelajaran menggambar selama ini masih menerapkan metode konvensional menggambar bebas, sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran seni rupa relatif rendah. Metode Ekspresi Bebas dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran. Metode Ekspresi Bebas adalah metode dimana siswa diberi keleluasaan untuk mengekspresikan perasaannya ke dalam penciptaan karya seni. Metode ini dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam menggambar ilustrasi. Membuat karya seni juga tidak hanya sebatas pada menggambar dan mewarnai diatas kertas, tapi juga bisa dalam bentuk montase, yaitu kegiatan menggunting dan menempel suatu gambar menjadi gambar baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap aktivitas dan hasil belajar SBK membuat montase pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sokanegara Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas V pararel di SD Negeri 3 Sokanegara yang terdiri dari kelas V A berjumlah 37 siswa dan kelas V B berjumlah 34 siswa. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, di mana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Analisis akhir pada penelitian ini menggunakan uji-t dengan independent samples t-test dan uji pihak kanan dengan uji one sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan aktivitas belajar diperoleh 3,373>1,995(thitung > ttabel) artinya Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Perbedaan hasil belajar diperoleh 2,731>1,995(thitung > ttabel) artinya Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Selanjutnya hasil uji keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap aktivitas belajar diperoleh 4,017>1,688 (thitung > ttabel) artinya Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Keefektifan metode Ekspresi Bebas terhadap hasil belajar diperoleh 4,848 >1,68 (thitung > ttabel) artinya Ho4 ditolak dan Ha4 diterima. Dari hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Ekspresi Bebas lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa membuat montase pada kelas V SD Negeri 3 Sokanegara Kabupatem Banyumas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Ekspresi Bebas, Hasil Belajar, Montase.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Jun 2018 09:14
    Last Modified: 05 Jun 2018 09:14

    Actions (login required)

    View Item