KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN PESAYANGAN 1 KABUPATEN TEGAL


Vita Amalia , 1401413049 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN PESAYANGAN 1 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413049.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang berisi materi-materi yang berkaitan dengan kehidupan manusia di masyarakat. Pembelajaran IPS bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik dalam menghadapi permasalahan dan sebagai upaya pengembangan diri untuk dapat hidup dengan baik di masyarakat. Dalam pembelajaran di sekolah, hendaknya seorang guru mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat supaya siswa tidak mudah merasa jenuh untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang membuat siswa aktif yaitu melalui penggunaan model time token. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan model time token terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar materi Sejarah dan Penggunaan Uang pada siswa kelas III SDN Pesayangan 1 Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Pesayangan 1 Kabupaten Tegal yang berjumlah 57 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 57 siswa. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik menggunakan SPSS versi 21 yaitu pearson product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data keterampilan sosial menunjukkan thitung > ttabel (10,520 > 2,004) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (2,558 >2,004) dengan signifikansi 0,013 < 0,05. Hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data keterampilan sosial menunjukkan thitung > ttabel (12,943 > 2,052) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,570 > 2,052) dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Untuk menguji hubungan antara keterampilan sosial dan hasil belajar menggunakan korelasi product moment, thitung > ttabel (6,592 > 2,004) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model time token dan yang menggunakan model artikulasi. Model time token efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa serta terdapat hubungan antara keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model time token dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keterampilan sosial, dan model time token
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 12:53
Last Modified: 05 Jun 2018 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31234

Actions (login required)

View Item View Item