HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS CUT NYAK DIEN KABUPATEN REMBANG


Mifta Khurohmah , 1401413044 (2017) HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS CUT NYAK DIEN KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413044.pdf]
Preview
PDF
Download (752kB) | Preview

Abstract

Tugas guru dalam proses pendidikan tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menmbangun karakter dan mental siswa untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkompeten agar siap menghadapi tantangan global. Oleh karena itu, guru perlu memiliki kreativitas dalam mengolah pembelajaran agar pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan, sehingga hasil belajar siswa optimal. Hasil belajar siswa juga dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar yang dimiliki siswa, baik motivasi internal (dari dalam diri siswa) maupun motivasi eksternal (dari luar diri siswa). Tujuan penelitian ini adalah menguji ada tidaknya hubungan kreativitas guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Cut Nyak Dien Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kolerasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN di Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang yang berjumlah 93 siswa. Tehnik sampel yang digunakan adalah tehnik Proportionate Stratified Random Sampling (pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dan bersrata secara proporsional) yang berjumlah 75 responden. Variabel penelitian meliputi kreativitas guru dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik, uji normalitas, kolerasi product moment, dan koefisien determinasi (KP). Hasil analisis data menggunakan rumus Product Moment berbantuan program SPSS 24 diperoleh: 1) hasil hitung > tabel (0,445 > 0,212) termasuk kategori sedang; 2) hasil hitung> tabel(0,540 > 0,212) termasuk kategori sedang; 3) hasil hitung > tabel (0,575 > 0,212) termasuk kategori sedang; 4) besar koefisien determinasi (KP) =0,330, ini berarti kontribusi kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 33% dan sisanya 67% disumbang oleh faktor-faktor lain. Simpulan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Saran hendaknya guru selalu memupuk kreativitas dengan berbagai cara, seperti banyak membaca buku, mengikuti seminar-seminar, belajar dengan sesama guru, belajar dari internet, dan sebagainya. Sekolah hendaknya mengadakan pelatihan atau seminar tentang pentingnya kreativitas guru dalam mengajar. Guru yang kreatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga diharapkan siswa dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 12:44
Last Modified: 05 Jun 2018 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31232

Actions (login required)

View Item View Item