HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS III SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


RIZKI ARIF KURNIAWAN , 1401413038 (2017) HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS III SDN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413038.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada kelas III SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Mijen Kota Semarang menunjukkan bahwa, nilai Ulangan Akhir Semester 1 pada lima mata pelajaran pokok hasil belajar paling rendah adalah PKn. Ketuntasan hasil belajar PKn SDN Ngadirgo 01 sebesar 37%, SDN Ngadirgo 02 67%, SDN Ngadirgo 03 41%, SDN Pesantren 40%, SDN Wonoplembon 02 44%. Berdasarkan wawancara dengan guru, faktor yang mempengaruhi hasil belajar PKn rendah adalah kedisiplinan dan kurangnya kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan, misalnya siswa terlambat masuk sekolah, tidak mengerjakan PR, kurang aktif mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan, kurangnya sarana dan prasarana. Rumusan masalahnya, yaitu: (a) Apakah ada hubungan ekstrakurikuler kepramukaan dan kedisiplinan dengan hasil belajar PKn? (b) Berapa besar hubungan ekstrakurikuler dan kedisiplinan dengan hasil belajar PKn? Tujuan penelitian ini untuk: (a) menguji hubungan ekstrakurikuler dan kedisiplinan dengan hasil belajar PKn; (b) mengukur berapa besar hubungan ekstrakurikuler kepramukaan dan kedisiplinan dengan hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan metode ex post facto. Subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen pengumpul data berupa angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitiannya adalah: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ekstrakurikuler kepramukaan dengan hasil belajar PKn. Kontribusi pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor sebesar 40,7%, 37,6% dan 30,1%. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar PKn. Kontribusi pada ranah. kognitif, afektif dan psikomotor sebesar 31,4%, 27,4% dan 22,5%. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ekstrakurikuler kepramukaan dan kedisiplinan dengan hasil belajar PKn. Kontribusi pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor sebesar 40,7%, 37,7% dan 30,1%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ekstrakurikuler kepramukaan dan kedisiplinan dengan hasil belajar PKn. Saran dalam peneliian, diharapkan guru dan orangtua dapat memotivasi siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan serta meningkatkan kedisiplinan, agar mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepramukaan, Kedisiplinan, Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 12:35
Last Modified: 05 Jun 2018 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31230

Actions (login required)

View Item View Item