PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN V KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES


Defi Febriani Amanah , 1401413037 (2017) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DABIN V KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413037.pdf]
Preview
PDF
Download (797kB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya profesionalisme guru dan disiplin belajar. Begitu pula siswa yang disiplin dalam belajar, teratur dan rutin akan memengaruhi hasil belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dabin V Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Dabin V Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes yang berjumlah 164 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan Proportional Random Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 109 siswa. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi (foto)untuk hasil belajar serta angket tertutup dengan skala likertuntuk profesionalisme guru dan disiplin belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap hasil belajar dengan hasil analisis diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,229 > 1,982 dan korelasi keduanya sebesar 0,298 atau rendah. Besar sumbangan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa 8,9%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan hasil analisis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,956 > 1,982 dan korelasi keduanya 0,432 dalam kategori sedang. Besar sumbangan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa 18,7%; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan hasil analisis diperoleh Fhitung> Ftabel13,239 > 3,082dan korelasi ganda 0,477 dalam kategori sedang. Besar sumbangan profesionalisme guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa 20%. Kepada guru disarankan agar selalu meningkatkan sikap keprofesionalannya dan membantu membiasakan siswa untuk disiplin dalam belajar serta memberi dorongan semangat kepada siswa sehingga hasil belajar dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil Belajar, profesionalisme guru; disiplin belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 12:30
Last Modified: 05 Jun 2018 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31229

Actions (login required)

View Item View Item