KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL

Bela Mardiastuti , 1401413035 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA POWERPOINT DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III SDN KEPANDEAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (853Kb)

    Abstract

    IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan manusia dan lingkungannya. Pembelajaran IPS di SD bertujuan mengembangkan potensi siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan melatih kemampuan sosial siswa. Akan tetapi, pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan, guru kurang memahami modelmodel pembelajaran yang inovatif dan tidak mempunyai informasi mengenai tingkat keefektifan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model Talking Stick Berbantu Media PowerPoint dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal yang berjumlah 65 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 65 siswa. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitisas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data aktivitas belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,674 > 1,998) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (4,121 > 1,998) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data aktivitas belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,229 > 2,035) dengan signifikansi 0,003 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung > ttabel (3,683 > 2,035) dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil pengujian selanjutnya yaitu hasil uji hubungan antara aktivitas dan hasil belajar menggunakan korelasi product moment, thitung > ttabel (5,187 > 2,037) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan aktivitas dan hasil belajar IPS antara yang menggunakan pembelajaran model Talking Stick Berbantu Media PowerPoint dan yang menggunakan model konvensional. Pembelajaran model Talking Stick Berbantu Media PowerPoint efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta ada hubungan antara aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran model Talking Stick Berbantu Media PowerPoint dalam pembelajaran IPS.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Media PowerPoint; dan Model Talking Stick.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > Learning Outcomes

    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 Jun 2018 08:25
    Last Modified: 05 Jun 2018 08:25

    Actions (login required)

    View Item