PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS WEB (VIRTUAL MAP) PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI NKRI KELAS V SEKOLAH DASAR


Mahmud Rafi Al-Ghani , 1401413029 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS WEB (VIRTUAL MAP) PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI NKRI KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413029.pdf]
Preview
PDF
Download (928kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Wonorejo materi NKRI. Masih terdapat 7 dari 16 siswa yang belum tuntas belajar. Hasil belajar materi NKRI lebih rendah daripada materi lain pada semester gasal yaitu peraturan perundang-undangan. Bagi guru, cakupan materi PKn luas sehingga siswa sulit memahami materi. Guru menggunakan buku paket sebagai sumber belajar sekaligus media pembelajaran NKRI. SD Negeri Wonorejo memiliki fasilitas wifi dan proyektor namun jarang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah desain pengembangan media virtual map, bagaimanakah kelayakan media virtual map, dan bagaimana efektifitas media virtual map. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang bertujuan untuk menganalisis karakteristik media yang dibutuhkan guru dan siswa, merancang media, memproduksi dan menguji media yang telah dihasilkan. Pengujian dilakukan secara internal oleh ahli media dan materi sebelum media diujicobakan dilapangan. Desain eksperimen (ujicoba) yang digunakan adalah pre experimental sehingga analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis media yang diharapkan guru dan siswa adalah multimedia yang berisi kombinasi teks, gambar, animasi, suara, dan menu interaktif. Pengembangan media menghasilkan media virtual map yang layak dan efektif. Persentase kelayakan media yaitu 88% sedangkan persentase kelayakan materi dalam media yaitu 100%. Hasil ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil ujicoba media menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 29,57% dari nilai rata-rata sebelum menggunakan media. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas V SD Negeri Wonorejo meningkat dari 35,71% menjadi 42,82%. Meskipun tidak mencapai 100%, media virtual map efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Saran bagi siswa agar media yang dikembangkan dapat diakses melalui jaringan internet untuk belajar bersama teman. Guru dapat menggunakan media pada pembelajaran NKRI selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, NKRI, PKn, virtual map, web.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 12:22
Last Modified: 05 Jun 2018 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31227

Actions (login required)

View Item View Item