PENGARUH KEBIASAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Mohammad Khoirul Umam , 1401413055 (2017) PENGARUH KEBIASAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD DABIN II KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413055.pdf]
Preview
PDF
Download (565kB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya kebiasaan belajar dan motivasi belajar. Siswa yang mempunyai kebiasaan belajar yang teratur dan rutin akan memengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Begitu pula siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi akan memengaruhi nilai hasil belajar yang tinggi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Dabin II Kecamatan Margadana Kota Tegal yang berjumlah 348 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Issac and Michael dan Proporsional Random Sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 183 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk hasil belajar dan angket tertutup dengan skala likert 4 opsi jawaban untuk kebiasaan belajar serta motivasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan korelasi sederhana, regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,379 > 1,973 dan korelasi keduanya sebesar 0,253 atau rendah. Besar sumbangan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 5,9%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh diperoleh thitung > ttabel (4,226 > 1,973) dan korelasi keduanya dalam kategori rendah (0,274). Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 9%; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel (9,505 > 3,046) dan korelasi ganda dalam kategori rendah (0,309). Besar sumbangan kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 8,5%. Saran peneliti adalah guru hendaknya selalu mengingatkan siswa untuk belajar setiap hari dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan metode pembelaran yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; kebiasaan belajar; motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 13:24
Last Modified: 05 Jun 2018 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31225

Actions (login required)

View Item View Item